Minggu, 12 Oktober 2014

Pengertian Hardisk

Pengertian Hardisk banyak memiliki macam arti. Seperti dalam dunia teknologi, hardisk adalah komponen pelengkap komputer yang dapat dilihat secara kasat mata, dan contoh hardisk tersebut adalah seperti DVD Room, Prosessor, LCD, Keyboard,  dan soundcard. Keempat contoh ini adalah hardisk menurut dunia teknologi. Namun menurut dunia PC, hardisk diartikan sebagai media penyimpanan dimana data disimpan pada piringan metal yang bisa berputar. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disbut juga dengan track. Tiap- tiap track dibagi menjadi beberapa sector yang nantinya akan digunakan untuk pembagi pada hardisk. Hardisk merupakan media penyimpanan yang mempunyai kapasitas besar. Ukuran minimal dari sebuah hardisk adalah 1GB yang dikembangkan oleh IBM pada zaman dulu. Kini, besar penyimpanan pada hardisk rata-rata mempunyai ukuran sebesar 256 GB.

Pengertian Hardisk

Pengertian Hardisk
Keberadaan PC memang tidak bisa dilewatkan tanpa adanya hardisk. Hardisk merupakan komponen penting untuk menyimpan data maupun untuk menjalankan sebuah task yang memiliki kecepatan tergantung dari besarnya sebuah hardisk. Pengertian hardisk semacam ini dinakan sebagai media penyimpanan internal dalam sebuah PC. Memang, laptop tanpa adanya hardisk masih bisa berjalan atau beroperasi, namun jika tidak ada media penyimpanan seperti hardisk, data yang disimpan nanti tidak akan bisa disimpan karena media penyimpanan masih kosong. Nah, disini hardisk juga berfungsi sebagai perangkat untuk membantu kinerja PC, namun jika hardisk terlalu banyak data maka kinerja dari PC akan menjadi lamban, dan akhirnya hardisk akan bekerja extra keras.
Pengertian hardisk dalam dunia komunikasi diartikan sebagai perangkat keras yang memiliki wujud dan bentuk dan secara kasat mata bisa dilihat. Contoh hardisk dalam dunia komunikasi adalah, pager, fax, ponsel, dan telepon rumah. Nah disini ponsel yang sudah semakin modern sudah bisa memulia menggunakan hardisk sebagai media penyimpanan data. Biasanya, ukuran hardisk pada ponsel berkisar antara 128 MB hingga 2GB. Hardisk pada ponsel disini juga mempunyai fungsi sebagai pembantu kinerja dari suatu ponsel. Semakin besar hardisk yang dimiliki oleh ponsel, maka kinerja yang dihasilkan akan semakin cepat.
Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian hardisk, semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya seperti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar